Puasa Yes,jalan Jalan juga boleh Kok

Jalan jalan disaat bulan Ramadhan bukan hal yang mustahil,mungkin hanya dibulan Ramadhan lah saat yang tepat untuk menikmati liburan dan sesuai dengan waktu anda cuti,tentunya Hobi traveling yang justru membuat anda ketagihan. So  walaupun bulan Ramadan, kamu masih bisa kok traveling dan sambil menjalankan ibadah puasa.


Mvslim.com

Nah Tentunya memang bukan perkara mudah bagi kita kalau traveling di bulan puasa,walaupun memang cukup banyak tantangan yang akan dihadapi,dan tentunya pola pola kebiasaan dalam menjalankan berpuasa berbeda beda tiap kota bahkan tiap negara.

Hal pertama kita sebenarnya memahami budaya dan adat juga kebiasaan di daerah yangakan kita kunjungi,apakah memang ramah terhadap umat muslim dalam berpuasa,yaa..minimal untuk mendapatkan makanan halal,agar puasa kita juga tidak sia sia dan dijaman canggih sekarang kita bisa cari infonya di Situs pencari di Internet

Tapi memang bukan karena puasa lantas kita gak boleh traveling kemanapun,tapi memang kita harus pintar pintar mempersiapkan perlengkapan agar ibadah lancer dan tentunya traveling juga bisa aman,berikut beberapa Tips yang mungkin bisa diaplikasikan .

Makan makanan Bergizi

Memang tidak afdol kalau kita berkunjung ke suatu tempat kita tidak mencicipi makanan khas daerah tersebut,tapi kita juga harus mengimbangi dengan makan buah dan sayuran untuj membantu tubuh kita dan tercukupi kebutuhan gizi dan serat kita selama berpuasa

Vitamin dan obat-obatan

Walaupun mungkin kita tidak ada penyakit yang cukup berat,tapi alangkah baiknya kita membawa vitamin dan obat obatan ringan agar kita tetap fit untuk melaksanakan ibadah puasa.

Perlengkapan ibadah

Perlengkapan Ibadah seperti Mukena bagi Muslimah atau perlengkapan shalat juga harus kita persiapkan dengan baik,karena untuk shalat kita harus menggunakan pakaian yang bersih,walaupun seorang pejalan atau musafir bisa melakukan  hal yang wajib dalam perjalanan.

Selain sjadah kecil,mukena,peci atau kain sarung selain itu pastikan di gadget kita tersedia kompas agar kita lebih mudah shalat menghadap kiblat,walaupun mungkin ketika kita di pesawat atau dalam perjalanan naik bis atau kereta kita bisa saja shalat sambil duduk dan bisa menyesuaikan kiblat.

Botol minuman

Program dunia sekarang untuk mengurangi sampah plastik,membawa botol minum agar memudahkan kita untuk berbuka puasa minimal membatalkan puasa sebelum kita sampai ke tujuan atau mendapatkan makanan yang bisa kita makan untuk berbuka.

Jadi gimana, kalau tidak sempat tahun ini,mungkin tips ini bisa kita simpan untuk Ramadhan tahun depan sambil mencocokan jadwal cuti kita dan berkesempatan menabung lebih banyak,dan tentunya kita terus berharap agar dipertemukan Ramadhan di tahun berikutnya…aamiin