Bappeda Aceh Review Renstra Kesehatan Aceh

Banda Aceh-Bapeda Aceh selaku pelaksana dan penyusun Renstra Daerah Aceh melaksanakan Review rencana Strategi Kesehatan Aceh 2017-2022.Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Kyriad Muraya dihadiri oleh Pimpinan SKPA yang terlibat dalam perancangan Renstra dan para Pejabat dan Staf Instansi terkait.

Kegiatan Review Rencana Strategi ini ingin mencari sebuah hasil yang menjadi bagian tujuan Pemerintah Aceh yaitu Aceh Hebat.

Kegiatan juga di paparkan rencana Bidang Kesehatan juga mencakup bagaimana Peningkatan Layanan Kesehatan,Kualitas tenaga Kesehatan,Revitalisasi System Kesehatan dan Kefarmasian dalam Bidang Kesehatan Di Aceh.

Dalam Sesi Diskusi yang sama Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr Hanif juga mengatakan renstra ini diharapkan bisa memberikan layanan dan juga sudah sesuai kebutuhan masyarakat Aceh,walaupun dr Hanif juga mengakui bahwa masih banyak kekurangan termasuk tenaga kesehatan.

Dalam Kegiatan ini juga dihadiri oleh Prof. dr. Ascobat Gani, MPH., Dr.PH yang juga merupakan Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI) .Prof Ascobat juga menyorot bagaimana sistem kesehatan yang baik juga didukung oleh tenaga Kesehatan yang terampil sesuai bidang,dan juga diharapkan Review renstra ini mampu menjadi contoh Provinsi lain dalam peningkatan Kualitas Kesehatan.

dr Hanif juga memberikan contoh bahwa untuk tenaga perawat Jiwa saat ini rata rata dalam satu puskesmas hanya terdapat 1 orang tenaga perawat jiwa yang bertugas untuk 1 kecamatan bahkan bisa beberapa kecamatan dan ini tentunya akan kesulitan dalam penangan ODGJ(orang dengan gangguan Jiwa).

IST. MAKHROZAL, Direktur RSJ Aceh juga meng”iyakan” apa yang disampaikan oleh Kadiskes Aceh,khususnya untuk ODGJ juga masih bermasalah termasuk pasca penyembuhan dari RSJ banda Aceh karena tidak banyaknya obat obat dan tenaga hingga Level Puskesmas di Aceh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.